Kegunaan Silica Gel

Posted: December 21, 2008 in Uncategorized


Kegunaan dari Silica Gel
1. Silica gel digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada obat-obatan (dunia kesehatan),
2. Silica gel juga digunakan untuk memerangi jamur terutama yang suka nangkring di lensa (dunia fotografi),

Gel (dari bahasa Latin gelu — membeku, dingin, es atau gelatus — membeku) adalah campuran koloidal antara dua zat berbeda fase: padat dan cair. Penampilan gel seperti zat padat yang lunak dan kenyal (seperti jelly), namun pada rentang suhu tertentu dapat berperilaku seperti fluida (mengalir). Berdasarkan berat, kebanyakan gel seharusnya tergolong zat cair, namun mereka juga memiliki sifat seperti benda padat. Contoh gel adalah gelatin, agar-agar, dan gel rambut. Biasanya gel memiliki sifat tiksotropi (Ing.: thyxotropy) : menjadi cairan ketika digoyang, tetapi kembali memadat ketika dibiarkan tenang. Beberapa gel juga menunjukkan gejala histeresis. Dengan mengganti cairan dengan gas dimungkinkan pula untuk membentuk aerogel (‘gel udara’), yang merupakan bahan dengan sifat-sifat yang khusus, seperti massa jenis rendah, luas permukaan yang sangat besar, dan isolator panas yang sangat baik. Pada 2005 sebuah efek sound induced gelation didemonstrasikan. Banyak zat dapat membentuk gel apabila ditambah bahan pembentuk gel (gelling agent) yang sesuai. Teknik ini umum digunakan dalam produksi berbagai macam produk industri, dari makanan sampai cat serta perekat.
Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel ndimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam – garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini. Silica gel mencegah terbentuknya kelembaban yang berlebihan sebelum terjadi. Para pabrikan mengetahui hal ini, karena itu mereka selalu memakai silica gel dalam setiap pengiriman barang-barang mereka yang disimpan dalam kotak. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Jangan terlalu mengartikan gel dalam pengertian suatu produk yang bentuknya gel ataupun silicon gel. Produk anti lembab ini menyerap lembab tanpa merubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel ini tetap kering. Silica gel penyerap kandungan air bisa diaktifkan sesuai kebutuhan. Unit ini mempunyai indikator khusus yang akan berubah dari warna biru ke merah muda kalau produk mulai mengalami kejenuhan kelembaban. Saat itulah alat ini aktif. Setelah udara mengalami kejenuhan/kelembaban, dia bisa diaktifkan kembali lewat oven. Sejak Perang Dunia II, silica gel sudah menjadi pilihan yang terpercaya oleh pemerintah dan pelaku industri.
Silica gel sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.
Ketika suatu barang dikeluarkan dari kotak-kotak pengiriman, Silica gel seringkali dibuang. Apa Silica gel ini dan apakah gunanya ?
Silica gel adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembaban dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica gel juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.
Silica gel yang siap untuk digunakan berwarna biru. Ketika silica gel telah menyerap banyak kelembaban, ia akan berubah warnanya menjadi pink(merah muda). Ketika ia berubah menjadi warna pink(merah muda), ia tidak bisa lagi menyerap kelembaban. Ia harus meregenerasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menghangatkannya di dalam mesin oven. Panas nya mengeluarkan kelembaban, lalu ia akan berubah warnanya menjadi biru dan kembali bisa digunakan.
SILICA GEL BLUE & SILICA GEL WHITE. Digunakan untuk absorbsi kelembaban udara, fungi-jamuran dan bau-bauan serta ion-ion lainnya dan untuk menjaga kualitas produk terutama untuk barang-barang yang dieksport, misalnya untuk garment, textile, computer, Pharmaceutical, Electronic, Tas kulit, Shoes, Dry Food, Buku, Karet, Ban, Plastik, alat-alat laboratorium, dll. Dalam Bungkus @ 1 gr, 5 gr, 1 Kg. Kemasan Besar @ 25 Kg / bags

About these ads
Comments
  1. tukyman says:

    apa benar petai menyababkan pusing?
    dengan siapa lagi aku bertanya….wahai para blogger mania :)
    i love you all bibe…

  2. kahfinyster says:

    oh,,iya iya,,,

    hooh,, iya tuh,,,

    (paan sih???)

  3. rocknoida says:

    sejujurnya semua rasa yg kumiliki, lanjutin….

  4. kahfinyster says:

    hanyalah dirimu cinta sepenuh hati,, lanjutin lagi

  5. nameeman says:

    sedapat mungkin kan kuraih semua mimpi,,,
    bersamamu disini untukmu selamanya,,,,

  6. nameeman says:

    oh ya,,,,,
    jeli ntu bwt besarin ntu kan????

  7. rahmee says:

    bagus artikelnya….

  8. Niko kurniawan says:

    beli dimana yah silica gel??
    yang bungkus kecil gitu
    gw bingung beli dimana
    mt petunjuknya dunk..

  9. Sany Ulfah says:

    silika gel bisa debeli di toko bahan kimia, misalnya bratachem
    atau di toko alat kesehatan, kalo di Bandung misalnya sakura…

  10. Rhe says:

    * silika gel bisa di daur (di oven) untuk berapa kali pemakaian ?

  11. adoy says:

    akhir ny, gw mengerti sekarang..
    thanx..

  12. karina says:

    thanks banget ya buat infonya! sangat membantu…

  13. Pras says:

    Sukron.. artikelnya Gan, jadi tawu ane sekarang manfaat silica gel ni. soale di tempat ane bnyak dan kadang terbuang percuma

  14. kompresi kempos says:

    izin copy

  15. Madger says:

    Thanks for this information..
    Silica gel,, gmn kalo untuk kosmetik ?

  16. kamalfuadi says:

    terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat. salam blog :)

  17. Khasyi'in says:

    mau tanya nih…
    klo silica gel yang digunakan di trafo listrik itu cara kerjanya gimana ya???

  18. Antha Putra says:

    Apa efek silica gel pada kesehatan?/
    bila termakan terutama anak anak?

  19. aris magetan says:

    makasih inponya gan, suwun2… copas yaaa… hehe :D

  20. HENDRIK says:

    wah sejujurnya sillica gell itu sintetis…kalo untuk kesehatan agak diragukan … karena mengandung bahan-bahan sintetis … dan bungkus sillica gell yang ada dipasaran agak diragukan keamanannya… apa bila terkena dengan produk yang dilindungi agak diragukan tingkat keamanannya … sebenarnya ada desiccan yang paling bagus dan aman karena dia dari bahan alami yang berasalah dari batu-batuan bentonite clay… daya serap kelembaban paling efektif dibanding dengan sillica gell dan dalam penangannya bentonite aman bagi lingkungan bila dibuang karena aman dan bisa terurai dan sillica gell tidak akan bisa terurai dan satu lagi waran-warna yang ada disillica gell bisa menyebabkan kanker dan bentonite tidak karena dia tidak berwarna dan apabaila dalam suhu ekstreem baik panas atau terlalu lembab bentonite tidak mengalami perubahan bentuk dan warna sehingga bisa dikatakan bentonite lebih aman… desiccan yang dimaksud desipak …desipak salah satu desiccant yang aman karena bahan penyerapnya adalah bentonite yang aman bagi kesehatan, penyerapan lebih cepat dan ramh bagi kesehatan….

  21. HENDRIK says:

    satu lagi bungkus desipak sangat aman dan tidak mudah sobek karena bahan pembungkusnya terbuat dari non woven yang berpori pori banyak dan serat kain kuat sehingga tidak mudah sobek dan desipak telah mendapat sertifikasi dari FDA USA (FOOD DRUG and Administiration) yang menjamin tingkat keamanan baik dimakanan dan obat

  22. Di mana ya biasanya beli ini? Makasih :)

  23. kalo di apotik ada gak ya?

  24. Kakbayu says:

    Saya suka naruh silica gel di dalam casing CPU, agar gak lembab dan menghambat korosi :)

  25. Lulu says:

    Pengen beli silica gel nya buat dimakan

  26. fendy k says:

    berapa lama umur silica untuk penggunaan efeltif

  27. miya says:

    makasih infonya,
    dapet silica gel dari kardus sepatu.. T kira g ada gunanya, makanya buka google

  28. rizka says:

    Kalo mw beli silika gel, utk daerah tangerang, kira2 dimana ya? Info pliss… Nama toko nya

  29. kimpur says:

    klu dengan pasir silika beda gak sih..ane mau buat filter air tp menrut refrensi yg ane dapat harus menggunakan pasir silika,,nah ane bingung pasir silika itu apa,,apakah sama dengan gell silika…mhn infonya gan,,terus klu mau nyari pasir silika itu diman ya gan,,,ade domisilnya di pontianak kalbar..makasi..

  30. dalin says:

    klo cara ngehancurin silica gel gmna ya?? bsa d hancurin g tu??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s